Kijang dan Avanza Terus Bertahan dari Gempuran Kompetitor

Jakarta - Hasil survey Google
Inc menyebutkan, segmen MPV masih menjadi favorit dari masyarakat
Indonesia. Laporan ini tak mengherankan, sebab segmen ini sudah mulai
dikembangkan sejak era 1970-an.
Sama seperti sekarang, dimana segmen
MPV dijejali banyak merek dan model, saat pertama kali kelahiran MPV
dulu pun seperti itu. Hampir semua ATPM mencoba mengembangkan mobil MPV,
dengan didukung berbagai industri karoseri, sehingga bermunculan
mobil-mobil penumpang berbasis kendaraan niaga dalam pasar mobil
Indonesia.
Sebut saja misalnya, Toyota Kijang,
Daihatsu Zebra, Suzuki Futura, Mitsubishi Kuda, Isuzu Panther. Kendaraan
inilah yang kemudian menjadi cikal bakal pengembangan segmen MPV di
Indonesia.
Seiring perjalanan waktu, seleksi alam
mulai berlaku, sehingga tidak semuanya berhasil memenuhi kebutuhan
konsumen dengan baik. Sedikit yang bisa bertahan, satu diantaranya
adalah Toyota Kijang. Bahkan mobil ini mampu tampil sebagai icon
kendaraan keluarga Indonesia.
"Kami bersyukur, kerja keras tim
Product Planning Toyota bisa menghasilkan mobil yang benar-benar bisa
sesuai dengan kebutuhan konsumen dan karakteristik infrastruktur di
Indonesia,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Rahmat
Samulo, ketika berbincang dengan otomotifnet.com hari ini, (11/11).
Ditambahkan Rahmat, pengalaman
mengembangan Toyota Kijang menjadi bekal utama Toyota dalam
mengembangkan Avanza, yang boleh dikatakan sejak diluncurkan pertama
kali pada 2004 bisa memenuhi selera konsumen, sehingga menjadi mobil
terlaris di Indonesia sampai sekarang ini.
Tapi persaingan otomotif semakin
berat, apalagi di pasar low MPV. Dalam dua tahun terakhir ini saja,
tidak kurang dari 4 prinsipal masuk ke segmen pasar ini seperti Suzuki
Ertiga, Chevrolet Spin, Mazda VX-1, Honda Mobilio, dan Datsun Go+ dari
Nissan.
Namun, duo MPV Toyota, yakni Kijang
dan Avanza terus bertahan sampai saat ini. "Fakta memang menunjukkan,
loyalitas konsumen adalah kata kunci untuk memenangkan persaingan pasar.
Toyota dari dulu sangat fokus pada pelayanan purna jual dengan
membangun interaksi positif di bengkel, dealer resmi dan showroom,"
tutup Samulo.
INFO PEMESANAN TOYOTA
HUBUNGI: ABZAD S, SE
085814369093/ 021 976 11 064
EmoticonEmoticon